10 Tips untuk Sembuh dari Insomnia

Thursday, March 24, 2022


Ada yang pernah atau sedang mengalami insomnia? Saya pernah, dan rasanya ngga enak banget. Apalagi sebenarnya saya adalah tipe orang yang ngga betah melek. Kurang tidur sedikit saja bisa membuat mood jadi jelek, bahkan sampai membuat saya jatuh sakit. Makanya, saya selalu berusaha untuk menjaga pola tidur, supaya tubuh ngga mudah ambruk.

Tapi tahu ngga? Pengaruh perkembangan zaman, membuat semakin banyak orang mengalami insomnia, lho! 

Mengapa itu bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah adanya ponsel pintar, tablet, layar komputer, TV, yang kesemuanya itu memancarkan blue light / cahaya biru, frekuensi cahaya pendek yang dapat berbahaya bagi mata dan mengganggu tidur.

Lalu, adakah cara agar kita tetap bisa tidur nyenyak meski sehari-hari kita terpapar blue light? Coba 10 tips ini, yuk, agar kita bisa terhindar dari insomnia!
 
 
Tips Terhindar dari Insomnia


1. Atur Jam Tubuh Kita

Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan meski di akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat otak dan tubuh kita terbiasa dengan jadwal tidur dan bangun.

2. Gunakan Kamar Tidur Hanya untuk Tidur

Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur. Jangan bekerja, menjelajahi internet, atau menonton TV di tempat tidur, yaa...

3. Bersihkan Tempat Tidur Secara Rutin

Meski hanya dipakai saat tidur, bukan berarti kamar tidur kita bebas dari kotoran. Debu, jamur, binatang-binatang kecil seperti tungau, bisa sewaktu-waktu muncul. Untuk itu, bersihkan kamar tidur secara rutin agar tidur kita lebih nyaman.

4. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga teratur dapat membantu tidur kita menjadi lebih nyenyak, selama olahraga tersebut tidak dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur. Setidaknya, berolahragalah 3-4 jam sebelum jam tidur, ya, teman-teman...

5. Perhatikan Apa yang Dimakan Saat Makan Malam

Jangan makan besar atau mengonsumsi makanan berat terlalu larut. Hal ini dapat membebani sistem pencernaan kita, dan dapat berpengaruh pada kualitas tidur juga. Selesaikan makan setidaknya satu jam sebelum tidur.

6. Kurangi Minum di Malam Hari

Usahakan untuk tidak minum apapun dalam 2 jam terakhir sebelum tidur. Karena ketika kita terbangun di malam hari untuk buang air kecil, maka akan sulit untuk kembali tidur dengan cepat.

7. Redupkan Lampu

Redupkan lampu di sekitar rumah, 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidur. Tingkat cahaya yang lebih rendah akan memberikan sinyal bagi otak untuk memproduksi melatonin, yaitu hormon yang dapat membuat tidur.
 

8. Matikan Semua Perangkat Sebelum Tidur

Cahaya biru dari ponsel, tablet, layar komputer, dapat mengganggu kualitas tidur. Jadi, jika kita ingin meningkatkan kualitas tidur, matikan semua perangkat yang merupakan sumber dari cahaya biru tersebut.

9. Bebaskan Pikiran

Singkirkan semua pekerjaan, diskusi sensitif, atau keputusan rumit, 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Memang, butuh waktu untuk mematikan "kebisingan" hari itu. Namun, kita bisa mengalihkannya dengan mendengarkan musik yang tenang, bermeditasi, atau membaca sesuatu yang menenangkan (kalau untuk teman-teman Muslim, bisa dengan membaca Al-Qur'an).

10. Konsumsi Vitamin B Complex

Vitamin B Complex terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin B Complex sangat penting bagi kesehatan, karena dapat meningkatkan imunitas, memperbaiki suasana hati, mendukung fungsi otak, meningkatkan metabolisme sel, serta membantu tubuh memproduksi melatonin. Seperti yang sudah saya tulis di atas, hormon melatonin yaitu hormon alami tubuh yang berperan penting dalam mengatur pola tidur. Kita bisa mendapatkan Vitamin B Complex alami dari beberapa makanan berikut ini; daging, sayuran segar, ikan, susu, telur, juga kacang-kacangan.

Nah, teman-teman, itu dia 10 tips terhindar dari insomnia. Ingat ya, teman-teman, kualitas tidur berkaitan dengan suasana hati dan produktivitas. Insomnia pun ada hubungannya dengan gangguan kecemasan dan depresi. Jadi, jangan disepelekan, yaa... Kalau saat ini kalian sedang mengalami susah tidur, segera lakukan tips di atas. Jika belum berhasil, segera hubungi dokter. Salam sehat dan bahagia. 💗
 

 

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...