Agar Sariawan Cepat Sembuh

Monday, March 28, 2022


Saya memiliki gigi taring yang cukup tajam, dan karenanya, saya sering mengalami sariawan akibat tergigit secara tidak sengaja. Kalau sariawan sudah melanda, makanan seenak apapun jadi tak menggugah rasa. Di satu sisi, saya jadi bahagia karena berat badan bisa turun dengan sendirinya. Namun, yang namanya sakit, bagaimanapun juga tetap tak enak rasanya.

Maka dari itu, supaya terhindar dari sariawan, saya melakukan beberapa hal di bawah ini;

1. Makan Tanpa Terburu-buru

Makan dengan terburu-buru bisa meningkatkan risiko tergigit, yang nantinya berpotensi menjadi sariawan. Jadi, mulai dari sekarang, harus diingat untuk makan dengan perlahan-lahan. Sunnah Rasulullah tentang adab makan pun begitu. Makan dengan membaca bismillah, perlahan-lahan, tidak bersuara, dan mengambil dari yang terdekat.

2. Menghindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas

Masih tentang adab makan lagi. Kita tidak dianjurkan untuk meniup makanan atau minuman ya, teman-teman. Jadi, sambil latihan sabar, sebaiknya kita tunggu makanan atau minumannya menjadi cukup dingin untuk dimakan. Daripada mulut kita kenapa-kenapa kan, yaa... 

3. Gunakan Sikat Gigi yang Lembut

Ada beberapa orang yang merasa tidak puas jika menggosok gigi dengan bulu sikat yang lembut. Ada kekhawatiran, hasilnya tidak bersih. Padahal tidak juga. Justru bulu sikat yang terlalu kaku dapat membahayakan gigi dan gusi.

4. Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Selama ini saya salah. Saya kira, sariawan disebabkan kurangnya vitamin C. Ternyata, sariawan dapat terjadi karena kurangnya vitamin B-12, zinc, asam folat, dan zat besi. Nah, jeruk, tomat, dan sayuran berdaun hijau, adalah beberapa contoh buah dan sayur yang ampuh mencegah sariawan.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Kebutuhan air putih bagi tubuh kita adalah 25:1. Artinya, setiap berat badan 25kg, air putih yang kita perlukan minimal adalah 1 liter. Kenapa kok kita harus banyak-banyak minum air putih? Salah satu tujuannya adalah untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Jika kebutuhan air tidak tercukupi, maka kita akan lebih rentan mengalami panas dalam. Nah, saat panas dalam, biasanya kita akan lebih mudah terkena sariawan. Jadi, jangan sepelekan kebiasaan minum air putih, yaa..

6. Menjaga Kebersihan Mulut

Selain dengan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, penting juga untuk berkumur dengan mouthwash agar kita terbebas dari bakteri yang bersarang di dalam mulut. Teman-teman bisa coba menggunakan BETADINE Mouthwash & Gargle. Jika beberapa mouthwash hanya berfungsi untuk menjadikan nafas terasa segar, BETADINE Mouthwash & Gargle merupakan antiseptik rongga mulut dengan kandungan Povidone-Iodine 1%, yang dapat mengatasi sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, bau mulut, dan nafas tak segar.

 
Betadine Mouthwash & Gargle

Lalu, jika sudah terlanjur sariawan, bagaimana caranya agar sariawan cepat sembuh?

1. Konsumsi Vitamin B-12

Seperti yang saya tulis di atas, sariawan dapat terjadi karena kurangnya vitamin B-12. Maka dari itu, saat sariawan, perbanyaklah asupan yang kaya vitamin B-12, seperti ikan, daging, kerang, telur, susu, juga keju.

2. Menghindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Pedas, Asam, atau Asin

Saat menderita sariawan, sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas, asam, atau asin. Makanan yang terlalu pedas, asam, dan asin dapat mengiritasi luka infeksi akibat sariawan. Hal ini dapat menghambat proses penyembuhan.

3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam, konon dapat mengurangi rasa nyeri akibat sariawan.
 

4. Obati dengan Obat Sariawan

Obat sariawan ada yang berbentuk salep, krim, gel, atau cairan. Pilih yang paling membuatmu nyaman. 
 

5. Berkumur dengan BETADINE Mouthwash & Gargle

Berkumur dengan obat kumur, dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pada luka sariawan. Nah, kita disarankan untuk berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik, seperti BETADINE Mouthwash & Gargle, karena kandungan antiseptik pada mouthwash dapat mencegah semakin parahnya luka sariawan. Selain itu, kandungan antiseptik pada BETADINE Mouthwash & Gargle juga dapat memberikan sensasi kebas sesaat pada luka sariawan, sehingga rasa nyerinya akan berkurang.
 
 
Agar Sariawan Cepat Sembuh


Itulah beberapa hal yang saya lakukan agar sariawan cepat sembuh. Tapi, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Maka dari itu, beberapa hal di atas juga saya lakukan sebagai ikhtiar agar terhindar dari sariawan. Oiya, tentang BETADINE Mouthwash & Gargle, teman-teman bisa kunjungi website ini: https://betadine.co.id/
 
 
 
 

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...