Tips Sukses Menjadi Reseller Pemula

Friday, March 4, 2022

 

Waktu masih sekolah dulu, saya pernah punya keinginan untuk mencari uang sendiri. Keadaan ekonomi orang tualah yang menjadi motivasi untuk bisa cari uang. Namun, saat itu saya tidak punya ide, mau cari uang dengan cara apa? Mau bekerja, pasti ngga diizinkan oleh bapak dan ibu. Mau jualan, tidak ada modal. Ditambah lagi, saya hanya orang desa, ngga punya banyak teman, sehingga bingung juga mau jualan apa. 

Ya, zaman dulu memang segalanya serba terbatas. Bersyukur sekali karena sekarang semua serba mudah. Mau jualan pun, asal punya kemauan dan kuota internet, setiap orang bisa melakukannya. Tak harus sewa tempat atau buka toko di kota, di rumah pun bisa. 

Makanya, saya salut sama anak-anak muda yang ngga gengsian, mau memanfaatkan peluang. Saya sering banget lihat di twitter, anak-anak muda ini nge-share foto dagangan dan link toko online mereka. Ya, kebanyakan dari mereka adalah reseller-reseller online, dan mereka mendapatkan uang dari situ.

Omong-omong, kalian pengen jadi reseller juga? Saya punya beberapa tips untuk kalian yang ingin sukses menjadi reseller online shop.

Tips menjadi reseller yang sukses

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Ini adalah langkah awal untuk menjadi reseller, yakni menentukan produk yang akan dijual. Setelah itu, pelajari produk yang ingin kamu jual. Akan lebih mudah jika kamu menjual sesuatu yang berkaitan dengan sesuatu yang kamu senangi. Misalnya, jika kamu senang berdandan, maka cobalah untuk menjadi reseller kosmetik dan skincare. Begitu juga jika kamu menyukai dunia fashion, cobalah untuk menjadi reseller pakaian. Dan lain sebagainya.

2. Cari Supplier / Produsen yang Dapat Dipercaya dan Memiliki Produk yang Berkualitas

Setelah menentukan produk apa yang akan kamu jual, mulailah mencari supplier / produsen. Pilih supplier / produsen yang terpercaya, yang juga menghasilkan produk yang berkualitas. Oya, usahakan untuk mencari lebih dari 1 supplier / produsen yaa, supaya kamu tidak kebingungan saat terjadi sesuatu pada supplier utamamu.

3. Kenali Kompetitor

Di era serba online seperti sekarang, di mana akses internet sudah bisa diakses siapa saja, tentu persaingan dalam bisnis online juga semakin ketat. Untuk itu, kenali kompetitormu. Setelahnya, tentukan strategimu sendiri, agar kamu bisa memiliki pelanggan tetap. Misalnya, selain bersaing dalam harga dan kualitas produk, berikan juga pelayanan terbaik untuk pelanggan setiamu.

4. Gunakan Teknik Pemasaran yang Sesuai dengan Target Pasarmu

Kalau target pasarmu adalah anak-anak muda yang hobi main sosmed, maka optimalkan promosi di akun-akun sosmed yang kamu punyai.

5. Lakukan Evaluasi secara Berkala

Evaluasi diperlukan untuk mengukur sejauh mana perkembangan bisnismu. Jadi, jangan malas untuk melakukannya, yaa... Evaluasi ini tidak hanya memeriksa kenaikan atau penurunan penjualan, tetapi juga meliputi hal lain, seperti; review kualitas produk yang kita jual, review tingkat kepuasan pelanggan, dll.

- Tentang kualitas produk, ini juga berhubungan dengan supplier / produsen. Apakah supplier / produsen berhasil mempertahankan kualitasnya? Jika ada penurunan kualitas, langkah apa yang selanjutnya akan kamu lakukan? Nah, inilah gunanya evaluasi.

- Tentang kepuasan pelanggan, kita bisa rinci lagi. Apakah ada yang salah dari pengemasan? Apakah barang diterima oleh pelanggan tepat pada waktunya? Jika ada barang yang terlambat sampai ke tangan pelanggan, apakah ada hubungannya dengan ekspedisi yang dipilih? Jika iya, apa langkah selanjutnya.

Sebagai pelaku bisnis online, kita akan sering bersinggungan dengan ekspedisi ya, teman-teman. Untuk itu, kita mesti selektif juga dalam memilih jasa pengiriman. Salah satu yang bisa dijadikan pertimbangan adalah usia perusahaan dan kredibilitasnya selama ini.

JNE adalah perusahaan jasa pengiriman yang memenuhi kedua syarat itu.

Di tahun ini, JNE memasuki usia 31 tahun. Untuk sebuah perusahaan, bisa bertahan hingga 31 tahun tentu bukanlah hal yang mudah. Maka bisa dibayangkan bukan, bagaimana JNE mengelola perusahaan ini hingga dapat bertahan hingga saat ini?

Tak hanya menang usia, JNE juga unggul dalam prestasi. FYI, tahun ini, untuk ketiga kalinya, JNE dianugerahi penghargaan bergengsi yaitu Indonesia Top Digital Public Relations Award 2022 untuk kategori Jasa Pengiriman. Indonesia Top Digital Public Relations Award adalah sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang pintar dalam memanfaatkan digital public relations mereka dalam berkomunikasi dan menjalin engagement dengan konsumennya, untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap produk dan perusahaan.

Jasa Pengiriman terbaik di Indonesia

 

Dalam Indonesia Top Digital PR awards 2022, JNE meraih TOP Digital PR indeks dengan total skor sebesar 12,58% atau lebih besar dibanding perusahaan sejenis lainnya. Poin tersebut didapat setelah Tras n Co Indonesia dan Infobrand ID melakukan riset terhadap lebih dari 1000 brand dari 140 kategori brand triset di Indonesia. Riset tersebut menggunakan 3 parameter penilaian digital, yaitu:

  1. Digital Media Aspect
  2. Social Engagement
  3. Digital Mention Aspect

Jika dilihat dari aspek penilaiannya, bisa disimpulkan bahwa selama ini JNE sudah menjadi jasa pengiriman yang paling dipercaya, yaa.. Ngga heran sih, karena JNE memang selama ini selalu meningkatkan kualitas pelayanannya, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra. Sesuai banget dengan tagline-nya yaitu "Connecting Happiness", JNE memang selalu membawa kebahagiaan.

JNE mendapat Indonesia Top Digital PR Award

 

Siapa yang juga suka bahagia kalau Babang JNE datang bawa paket? Hihi... Saya tunjuk tangan paling tinggi deh. 😁

Jadilah Reseller yang Bijaksana

Nah, teman-teman, menjadi reseller memang terlihat mudah, yaa.. Tak butuh modal besar juga untuk memulainya. Namun, meski terlihat mudah, sesungguhnya menjadi reseller juga punya tantangan tersendiri.  Untuk itu, kamu juga harus selalu upgrade ilmu dan update terhadap perkembangan yang ada. Niscaya, bisnismu akan bertahan lama.



Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...