Inspirasi Menu Sarapan Pagi untuk Menunjang Pola Hidup Sehat

Thursday, July 14, 2022

 

Hari Rabu, 13 Juli kemarin, adalah hari pertama anak-anak mulai masuk sekolah setelah sebelumnya libur selama satu bulan. Liburan ini memang cukup panjang dibanding libur kenaikan kelas yang lalu-lalu. Nah, perbedaan yang paling terasa saat anak-anak mulai sekolah adalah pagi-pagi sekali saya harus menyiapkan sarapan pagi untuk mereka. Saya ngga mau sembarangan, tentu saja, karena sarapan pagi adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Mengapa? Karena sarapan pagi bermanfaat untuk memberikan energi saat memulai aktivitas, juga penting untuk meningkatkan konsentrasi.

Tentunya, menu sarapan paginya harus sehat, yaa... Apalagi selama liburan kemarin, kami juga sudah mulai membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Ya, liburan kemarin kami isi dengan berenang 2x seminggu. Jika pola makannya tidak sehat, tentu upaya kami untuk menjaga kesehatan akan sia-sia belaka. 

Lalu, apa saja menu sarapan pagi yang biasa kami buat? Karena pagi adalah waktu paling sibuk, saya memutuskan untuk membuat menu sarapan pagi yang simpel, sehat, dan mudah dibuat. Apa saja itu?

1. Chicken Katsu + Sayuran Rebus

chicken katsu

Biasanya, saya akan membuat stok chicken katsu di hari sebelumnya, sehingga pagi harinya saya tinggal menggorengnya untuk sarapan. Chicken katsu tersebut akan saya sajikan dengan sayuran rebus. Jika anak-anak belum terbiasa mengonsumsi sayuran rebus begitu saja, kita bisa memberikan mayonaise untuk tambahan rasa.

2. Pisang Kepok Panggang dengan Aneka Topping

pisang panggang aneka topping untuk menu sarapan pagi

Menu sarapan pagi yang simpel dan sehat berikutnya adalah pisang panggang dengan aneka topping. Cara membuatnya mudah, cepat, dan insya Allah anak-anak suka. 

  • Panaskan teflon
  • Lelehkan margarin
  • Panggang pisang kepok di atas teflon (boleh sambil digeprek-geprek hingga gepeng, supaya matang sampai ke dalam)
  • Taburi dengan topping kesukaan, sepeti meses, keju, atau susu coklat bubuk
  • Jika ada, kita bisa melengkapinya lagi dengan potongan buah, seperti strawberry, anggur, kiwi, atau alpukat

3. Omelet Mie Sosis Sayur

menu sarapan pagi untuk anak-anak yang mudah dan sehat

Anak-anak biasanya suka banget dengan omelet, apalagi omelet mie, ya kan? Nah, supaya menu sarapan pagi anak-anak tetap menunjang pola hidup sehat, kita bisa menambahkan irisan sayur ke dalamnya, seperti wortel misalnya. Untuk mie-nya, kita juga bisa menggunakan mie sehat, yaitu mie lemonilo. 

Apa bedanya mie lemonilo dengan mie instan biasa? Bedanya, selain rendah gluten dan rendah kalori, mie lemonilo juga bebas bahan pengawet, penguat rasa, dan pewarna sintetis yang tentu berbahaya bagi tubuh.

Oiya, agar omelet sayurnya terasa lebih lezat dan gurih, terkadang saya menambahkan udang cincang atau sosis ke dalamnya. Tergantung persediaan di rumah saja. Menu sarapan pagi seperti ini selain sangat praktis dan disukai anak-anak, juga mudah dibuat. Yang pasti sih dapat memenuhi kebutuhan protein anak-anak juga.

4. Smoothie Pisang Kurma

menu sarapan pagi yang sehat dan lezat untuk anak-anak

Menu sarapan pagi yang menunjang pola hidup sehat selanjutnya adalah Smoothie Pisang Kurma. Jujur, ini enak banget dan paling gampang dibuat. Cukup potong-potong pisang, pisahkan kurma dari bijinya, lalu blender. Tak perlu menambahkan pemanis seperti gula atau madu lagi, karena kombinasi pisang dan kurma saja sudah sangat manis. Untuk anak-anak, kita bisa menambahkan susu UHT, dan jadilah smoothie pisang kurma susu sebagai menu sarapan pagi yang sehat untuk anak-anak.

Sebenarnya, menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang mudah. Sarapan buah saja sudah sangat cukup untuk memberikan energi di pagi hari, betul? Setelahnya, kita lanjutkan dengan rutin berolahraga, olahraga apapun yang kita suka. Sekarang tinggal kuatkan niatnya, lalu bismillah, kita mulai dari hal yang kecil dulu, insya Allah lama-lama kita bisa menerapkan pola hidup sehat secara menyeluruh. Semangaaattt!!!



4 comments

  1. Aduh yang pisang pengin semua apalagi pisang ditaburi coklat di atasnya keinget kalau pengin piscok. Ini mah kandungan gizi semua apalagi katsu hemm jadi lapar, belum sarapan, hehe.

    ReplyDelete
  2. Mak, titip Akta di rumah deh kalo sarapan. Tar tiap berangkat aku ridho kok mlipir rumahmu dulu, haha.
    Enak-enak sarapannya. Ada omelette Lemonilo pula, yumm!!
    Soalnya sarapan itu salah satu penunjang tubuh dan otak bisa bekerja dengan baik kan seharian...

    ReplyDelete
  3. Tantangan memang ya untuk pola hidup sehat
    Namun harus diusahakan terus demi diri sendiri dan keluarga
    Apalagi untuk urusan menu pasti sangat urgent...

    ReplyDelete
  4. Narend jg suka tuh omelet mie. Ditambahin keju ama saos makin enaak deh. Bisa abis dalam sekali duduk aja tuh..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...