Dari 11 Lagu tentang Ibu Ini, Mana yang Paling Kamu Sukai?


Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Ibu, dan biasanya, di hari itu lagu-lagu tentang ibu, bunda, mama, akan banyak diputar. Omong-omong, ada yang punya agenda rutin bersama ibunda di hari itu kah? Makan malam di luar mungkin, atau bersama anggota keluarga lainnya menyiapkan surprise untuk ibu di rumah? Saya, kebetulan tidak pernah. Dan kini saya menyesal mengapa sewaktu ibu saya masih ada dulu, saya tidak pernah menganggap Hari Ibu adalah hari yang istimewa. Sekarang, ketika saya menyadari itu semua, ibu sudah tidak ada lagi di dunia. Satu-satunya yang bisa saya berikan padanya saat ini adalah do’a. 

Tapi tak apa. Tidak pernah merayakannya bukan berarti kita tidak cinta. Tidak menyiapkan hadiah, tidak pula berarti bahwa beliau bukan orang yang istimewa. Rasa cinta ada di hati, dan ukurannya bukan materi. 

Namun, jika pembaca kayusirih masih punya ibu dan kebetulan ada rezeki lebih, tidak ada salahnya juga untuk mengungkapkan cinta lewat tindakan nyata. Supaya ibu tahu bahwa putra-putrinya sangat cinta padanya. 

Dan untuk menambah syahdu suasana Hari Ibu, putarlah lagu-lagu tentang ibu seperti berikut ini:

1. Mama – Spice Girl


Song about Mama
Spice Girls - Mama

Terkadang, ada masa di mana kita seolah bermusuhan dengan ibu. Biasanya ini terjadi di masa-masa remaja, saat kita merasa sudah bukan anak kecil yang bisa diatur-atur lagi. Padahal kalau dipikir ulang, seorang ibu pasti ingin yang terbaik bagi putra-putrinya. Mana ada ibu yang ingin hal buruk terjadi pada anaknya, bukan?

Dan lirik yang terdapat di lagu ini, seolah mewakili kita, anak-anak ibu yang pernah sedemikian egois dan merasa bisa berdiri sendiri.

Back then, I didn’t know why
Why you were misunderstood
So now, I see through your eyes
All that you did was love
Mama, I love you, Mama, I care
Mama, I love you, Mama, my friend

2. A Song for Mama - Boyz II Men


Song about Mama
Boyz II Men - A Song for Mama


You're always there for me
Have always been around for me even when I was bad
You showed me right from my wrong
Yes you did
And you took up for me
When everyone was downin' me
You always did understand
You gave me strength to go on

Jika dicermati, lirik lagu di lagu "A Song for Mama" ini begitu dalam. Pokoknya kalau ngga ada ibu, ya kita ngga bisa jadi seperti sekarang ini. Benar kata Emily Dickinson, 
"A mother is one to whom you hurry when you are troubled."

3. Mama (Goodbye’s the saddest word) - Celine Dion


Mama, you gave life to me
Turned a baby into a lady
And mama, all you had to offer
Was a promise of a lifetime of love

Now I know
There is no other
Love like a mothers
Love for her child

And I know
A love so complete someday must leave
Must say goodbye

Lagu ini sediiih banget. Apalagi buat saya yang memang sudah terpisah dunia dengan ibu. Goodbye's the saddest word, indeed. And yes, there is no other love like a mothers love for her child.

4. Bunda – Melly Goeslaw


Bisa dibilang, ini lagu tentang ibu yang paling populer di Indonesia. Lagu ini bercerita tentang betapa besar kasih sayang ibu sejak kita masih kecil. Sebuah foto bisa saja berdebu dan usang seiring dengan berjalannya waktu, tapi tidak dengan kasih sayang seorang ibu. 

Maka benar jika bunyi do’a kita, “Dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.”

5. Muara Kasih Bunda – Erie Suzan


Penyuka lagu dangdut mungkin tidak asing dengan lagu yang dirilis pada tahun 2015 ini. Lagunya sedih sih. Apalagi cara Erie Suzan menyanyikannya juga, hmm, bikin ngga bisa nahan air mata. Terutama di bait ini;

Maafkan diriku bunda
Kadang tak sengaja ku membuat
Relung hatimu terluka
Kuingin kau tau bunda
Betapa ku mencintaimu lebih dari segalanya

6. Lagu Untukmu – Raisa


OST Hari Ibu
Raisa - Lagu Untukmu

Lagu tentang ibu tak harus selalu bernada sendu. Dan Raisa berhasil membuat lagu yang tetap ceria, meski ada penyesalan di dalamnya. Tapi, menyesal di sini bukan karena apa-apa, cuma karena Raisa belum sempat pulang ke rumah dan menjenguk ibunda. Begitu.

kukan segera berlari, tak perlu menunggu kukan datang hari ini.
pulang ke pelukanmu, tenteramnya telinga yang mendengar tanpa menghakimi.
secangkir kopi hangat yang kita hirup berdua, 
gurauan dalam petuahmu.
ibu ibu ibu aku rindu...

7. Just for My Mom - Sheila on Seven


Sama seperti Lagu Untukmu-nya Raisa, lagu So7 untuk Mama juga tidak beraroma sendu-mendayu. Intinya, mau terjadi apa pun tak masalah, yang penting masih ada Mama.

Sometimes I feel my heart so lonely but that's ok
No matter how my girl just left me I just don't care
Whenever the rain comes down
And it's seems there's no one to hold me
She's there for me, she's my mom

Untuk teman-teman yang muslim, bisa juga menggunakan lagu berikut ini:

8. Ibu – Sakha


Oh ibuku, engkaulah wanita
Yang kucinta selama hidupku
Maafkan anakmu, bila ada salah
Pengorbananmu tanpa balas jasa
Ya Allah, ampuni dosanya
Sayangilah, seperti menyayangiku
Berilah ia kebahagiaan di dunia juga di akhirat

Ada do'a di dalam lagunya. Dan saya sukaaa sekali dengan lagu ini. Lagu yang sudah cukup lama, sekitar 2000-an awal. Lagu ini dulu menjadi soundtrack sinetron religi yang dibintangi Desy Ratnasari dan Nia Ramadhani. Nia Ramadhani saat itu berperan menjadi gadis cantik tuna wicara. Kalau tidak salah, judulnya adalah “Surga di Telapak Kaki Ibu”.

9. Your Mother – Yusuf Islam


Who should I give my love to?
My respect and my honour to?
Who should I pay good mind to 
After Allah and Rasullullah?
Come to your Mother
Who next? Your Mother
Who next? Your Mother
And then your Father

Lagu ini bagus sekali jika diperkenalkan pada anak-anak. Mengambil pesan dari sebuah hadits yang memerintahkan untuk berbakti pada ibu, ibu, ibu, kemudian ayah.

10. Ummi – Hadad Alwi & Sulis


Lagu tentang Ibu
Haddad Alwi dan Sulis

Hadad Alwi dan Sulis sempat menjadi duet paling terkenal di akhir 90-an hingga awal 2000. Lagu Ummi ada di album Cinta Rasul 2. Ada yang familiar dengan lagu ini?

11. Satu Rindu – Opick feat Amanda


Setidaknya 3 kali Opick berduet dengan Amanda, yaitu di lagu Alhamdulillah, Maha Melihat dan Satu Rindu. Dan saya menyukai hampir semua lagu Opick. Namun, yang paling mewakili perasaan saya adalah lagu berjudul Satu Rindu. Lagu ini benar-benar mengingatkan saya pada almarhumah ibu. 

Alloh izinkanlah aku bahagiakan dia
Meski dia telah jauh
Biarkanlah aku berarti untuk dirinya

Sampai sekarang, kalau hujan turun, saya selalu teringat dengan lagu ini. Dengan almarhumah ibu juga tentunya.

Nah, itu dia beberapa referensi lagu tentang ibu yang kayusirih sukai. Kalau kalian, lagu tentang ibu yang paling disukai yang judulnya apa dan siapa penyanyinya? Siapa tahu bisa jadi referensi untuk yang lainnya juga. :)


2 comments

  1. Ku tau tuh muara kasih bunda mulai dari yang versi piano sama yang biasa #anaknya dangdut banget aku yak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow.. Aku yang apa yaa, piano doang taunya. Itu juga gara2 Mbak Ita waktu itu dengerin itu melulu pas aku ke rumahnya. Wkwkw..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...