Tidak Sebabkan Batuk, Ini Lho Manfaat Es Krim yang Baik Bagi Tubuh



Es krim adalah makanan yang difavoritkan hampir semua orang. Rasa yang manis dan enak membuatnya disenangi berbagai kalangan, apalagi jika dikonsumsi saat musim panas. Sayangnya, banyak anggapan yang mengira bahwa es krim menyebabkan hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Padahal sebenarnya, manfaat es krim begitu banyak lho.
Sesuai namanya, es krim adalah sajian campuran es dan susu yang kemudian membentuk krim lembut bersuhu dingin yang dominan dengan rasa manis. Es krim dipercaya sudah ada sejak zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Mesir di tahun 64 Masehi. Meskipun begitu, pada masa itu es krim hanya berbentuk es salju halus dari pegunungan yang dihidangkan bersama madu dan buah-buahan. Kini, varian rasa dan penyajian es krim semakin beragam seiring dengan adanya inovasi di bidang kuliner.

Es Krim Sebabkan Batuk?
Manfaat Es Krim Bagi Tubuh

Es Krim Sebabkan Batuk, Mitos atau Fakta?
Manfaat es krim sering terabaikan karena es krim disangka sebagai penyebab berbagai penyakit. Di antaranya seperti batuk, flu dan radang tenggorokan. Lalu bagaimana kebenarannya? Menurut para ahli, es krim tidak akan menyebabkan penyakit-penyakit tersebut asalkan dibuat dengan komposisi bahan berkualitas, bersih, dan cara pengolahannya yang higienis. Bahan berkualitas yang dimaksud lebih ditekankan pada susu sebagai bahan baku es krim harus melewati proses pasteurisasi.
Selain itu, daya tahan tubuh orang yang memakan es krim juga harus dalam kondisi yang baik. Terutama pada kondisi saluran tenggorokannya. Karena jika tidak, makanan atau minuman bersuhu dingin bisa memperparah iritasi pada tenggorokan yang menyebabkan batuk dan radang tenggorokan. Sedangkan untuk penyakit flu, es krim tidak ada kaitannya sebagai pemicu karena flu disebabkan oleh virus.


Manfaat Es Krim
Selain membuat perut kenyang dan rasa enak yang ditinggalkan di lidah, ada beberapa manfaat es krim yang bisa kamu dapatkan. Setidaknya, empat manfaat es krim berikut sangat baik untuk tubuhmu. Yuk simak infonya!


Manfaat Es Krim: #1 Perkuat Tulang dan Gigi
Seperti yang kita ketahui susu pada es krim memiliki kandungan kalsium yang kaya akan manfaat es krim yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk memperkuat tulang dan gigi. Konsumsi es krim sebenarnya sangat baik, terutama untuk anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan gula yang harus diwaspadai karena bisa membuat kadar gula dalam darah tinggi. Untuk itu, kamu bisa memilih es krim rendah gula dan juga lemak.


Manfaat Es Krim: #2 Membangun Jaringan Tubuh
Protein hewani pada susu yang terkandung sebagai manfaat es krim juga berfungsi membangun, memperkuat dan memperbaiki jaringan tubuh. Misalnya, protein keratin yang memperkuat rambut, serta protein kolagen dan elastin yang menunjang jaringan ikat dan kulit. Sehingga manfaat es krim bisa berguna untuk memperkuat komponen jaringan-jaringan yang tersebar di dalam tubuh.


Manfaat Es Krim: #3 Meningkatkan Antibodi
Manfaat es krim lainnya adalah meningkatkan antibodi atau daya tahan tubuh orang yang mengonsumsinya. Selain karena protein, berbagai vitamin yang terkandung pada es krim juga membantu kamu lebih sehat dan tidak gampang sakit. Apalagi jika es krim dibuat dengan campuran buah yang kaya akan vitamin C.


Manfaat Es Krim: #4 Munculkan Rasa Bahagia
Menurut penelitian, serotonin atau hormon pemberi perasaan nyaman dan senang pada manusia bergantung pada kepuasan seseorang terhadap makanan yang dimakannya. Reseptor serotonin akan terangsang jika kondisi usus terjaga oleh jumlah bakteri baik dan buruk sesuai. Oleh karenanya, manfaat es krim sebagai makanan yang sehat dan enak bisa memunculkan rasa bahagia.
Selain beberapa hal di atas, masih ada lho manfaat es krim lainnya yang bisa anda baca selengkapnya di link artikel di bawah ini:




6 comments :

  1. Nomer 4 tuh yang paling penting. Buat apa beli makanan kalau nggak bikin bahagia? Kalau cuma mau kenyang doang, masak nasi dan goreng tahu di rumah saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixi, bener, Mbak.. bahagia juga bikin sehat, kan?

      Delete
  2. Saat anak ga doyan makan,pilihan jatuh pada es krim. Selain nutrisinya baik, kalorinya juga besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak.. termasuk pas mamanya hamil juga nyari es krim, karena apa-apa ngga doyan, wkwk

      Delete
  3. Wah aku nih kadang suka nyalahin es krim pas anak-anak lagi batuk pilek, "Nah kan! Kebanyakan makan es krim tuh."

    Ternyata es krim banyak manfaatnya ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini, sama kayak Mama Kepiting juga. dulu sering ngga ngizinin makan es krim kalau pas anak-anak batuk. :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates