Liburan Keluarga? Ini 5 Cara Mudah agar Rumah Terbebas dari Maling Selama Liburan!


Sumber: pinterest.com


Berlibur dengan keluarga adalah salah satu momen yang paling menyenangkan untuk dinanti-nantikan. Entah itu berlibur ke luar negeri, berwisata ke pantai atau ke tempat rekreasi lainnya. Biasanya berlibur dengan keluarga bisa menghabiskan waktu yang cukup lama. Bisa satu minggu atau dua minggu. Itu berarti kamu sekeluarga akan meninggalkan rumah dengan waktu yang cukup lama. Bagi yang mempunyai asisten rumah tangga pastinya bisa tenang dong, lantaran ada seseorang yang bisa menjaga rumahmu agar tetap aman dan tidak kosong.
Tetapi, bagaimana dengan orang yang tidak punya penjaga rumah? Dan akhirnya, mau tidak mau mereka membiarkan rumahnya kosong selama berlibur. Perlu diingat untuk selalu memastikan rumah dalam keadaan terkunci, pasalnya rumah dengan kondisi kosong berpotensi dikunjungi oleh pencuri. Hal tersebut pasti tidak menyenangkan, bukan?  Banyaknya peristiwa pencurian rumah kosong di momen liburan tentu membuat kita resah terhadap keamanan rumah yang akan dibiarkan kosong dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, kali ini kayusirih akan memberikan beberapa cara sederhana agar rumah kamu tetap aman selama ditinggal berlibur.

  1. Jangan Lupa Untuk Mengunci Semua Akses Pintu atau Jendela yang Ada

Sumber: pinterest.com

Sebelum berangkat berlibur, pastikan jika setiap akses pintu masuk terkunci dengan baik dan rapat. Tak hanya itu, perhatikan juga celah-celah yang dapat dimanfaatkan oleh orang yang berniat jahat atau pencuri. Akses masuk yang perlu kamu kunci adalah pintu belakang rumah, garasi, lubang ventilasi dan jendela. Agar lebih aman lagi, pasanglah teralis di bagian jendela dan pintu agar si pencuri tidak bisa membobol rumah kamu dengan mudah.


  1. Matikan Seluruh Barang Elektronik Untuk Menghindari Konslet

Sumber: pinterest.com

Matikanlah barang-barang elektronik, seperti AC, televisi, kulkas, dispenser dan barang elektronik lainnya. Hal ini bukan hanya bermaksud untuk menghemat daya listrik saja, tetapi juga mencegah terjadinya konslet listrik atau kebakaran akibat arus listrik pendek. Selain itu perhatikan juga peralatan rumah tangga lainnya, contohnya matikan stop kontak ataupun melepas selang kompor gas dari regulatornya. 

Baca Juga : Tips Membawa Balita Naik Pesawat Saat Liburan 


  1. Simpan Barang Berharga di Tempat yang Cukup Aman dan Sulit Dijangkau

Sumber: pinteret.com

Simpanlah barang-barang berharga kamu seperti perhiasan, sertifikat-sertifikat penting dan sejumlah uang di tempat penyimpanan yang aman dan sulit dijangkau. Jika kamu memiliki brankas, maka kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan semua barang-barang berharga. Pastikan brankas yang kamu miliki itu tertanam di lemari atau dinding sehingga si pencuri tidak akan bisa membawanya. Atau yang lebih amannya lagi, simpan barang berharga tersebut di tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau dan ditebak, seperti peti yang ditaruh di dalam tangga misalnya.


  1. Hubungi Petugas Keamanan di Sekitar Komplek untuk Mengawasi Keadaan Rumahmu
 
Sumber: pinterest.com

Rumah akan terasa lebih aman jika ada orang yang menjaga dan mengawasinya. Cobalah hubungi petugas keamanan terlebih dahulu sebelum berangkat untuk berlibur. Kamu bisa berkonsultasi kepada petugas keamanan di sekitar komplek untuk mengawasi rumahmu dan memberikan nomor telepon ke petugas Satpam agar mereka bisa menghubungi kamu dengan mudah jika ada sesuatu hal yang darurat terjadi di rumahmu. Namun, kalau di komplekmu tidak ada petugas keamanan, sekiranya mintalah bantuan pada tetangga yang kamu percaya untuk menjaga rumahmu.


  1. Pasanglah Alat Pengamanan Seperti CCTV
 
Sumber: pinterest.com

Terakhir, pasanglah alat pengaman seperti CCTV agar bisa memperketat keamanan di rumahmu dengan baik. Kamu bisa memasang CCTV di setiap sudut atau titik strategis di luar dan di dalam rumah, khususnya pada tempat penyimpanan barang berharga kamu. Sekarang teknologi CCTV semakin canggih. Kamu bisa mengawasi kondisi rumahmu dengan alat sadap suara CCTV dari jauh lewat smartphone.

Baiklah, itu dia lima cara mudah untuk menjaga keamanan rumahmu yang bisa kamu coba saat kamu pergi berlibur. Dengan mengikuti beberapa cara diatas ini, insya Allah liburanmu akan jadi lebih tenang dan menyenangkan tanpa memikirkan keadaan rumah yang kosong. Ya, bagaiamanapun kita diperintahkan untuk tetap berikhtiar, bukan? Oke, guys, selamat berlibur!




Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentar yang menyertakan link hidup, mohon maaf harus saya hapus. Semoga silaturrahminya membawa manfaat ya...

Community

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates